Selayang Pandang IndoMS


Selayang Pandang

Berdasarkan arsip Laporan Konperensi Matematika Nasional I tanggal 12-15 Juli 1976 bertempat di ITB Bandung, yang diketuai Prof. Dr. M. Ansjar dijelaskan bagaimana upaya dan kerja sama yang telah dibangun oleh sekitar 152 orang matematikawan Indonesia dari 25 institusi untuk mendirikan suatu organisasi yang dinamakan Himpunan Matematika Indonesia.
Himpunan profesi matematikawan ini dapat mengadakan Konferensi Nasional Matematika pertama di ITB Bandung dengan dorongan kuat dari Prof. Dr. Lee Peng Ye (NUS, Singapura). Tujuan didirikannya Himpunan Matematika Indonesia (the Indonesian Mathematical Society, IndoMS) adalah untuk membina dan mengembangkan matematika dan pendidikan matematika, serta meningkatkan peranan matematika dan pendidikan matematika diIndonesia.
Dalam mencapai visi IndoMS 2020
Menjadikan IndoMS institusi yang dikenal di tingkat internasional atas kontribusi anggotanya dalam pengembangan matematika dan pendidikan matematika pada tahun 2020.
telah diupayakan peningkatan kualitas Journal of Indonesian Math Society (JIMS), Journal of Mathematics Education (JME), Journal of Industrial and Applied Mathematics (JIAM), Journal of Statistics (JStat), dukungan pada kelompok bidang keilmuan seperti Pendidikan Matematika, Aljabar, Analisis dan Geometri, Statistika, Matematika Terapan, Graf dan Kombinatorika, Matematika Keuangan, Biomatematika, Etnomatematika. Selain itu INDOMS juga memberikan support kepada aktivitas matematika di daerah-daerah, meningkatkan linkages dengan berbagai pihak dari dalam dan luar negeri (SEAMS, CIMPA dan IMU). Telah diupayakan juga peran IndoMS dalam pengembangan kebijakan nasional yang terkait dengan matematika dan pendidikan matematika, dukungan kepada penyelenggaraan berbagai forum ilmiah seperti joint conference, seminar dan workshop, dan peran aktif dalam Lembaga Akreditasi Mandiri Sains dan Ilmu Formal (LAMSAMA).
Semoga IndoMS semakin maju dan sukses sebagai institusi Matematika terpandang yang menyatukan matematikawan Indonesia.